Sensasi Menyusuri Gua Pindul

 Wisata Goa Pindul

Terletak di Gunung Kidul tepatnya di desa Beriharjo, Gua Pindul yang merupakan tempat untuk cavetube ini merupakan salah satu dari rangkaian tujuh gua yang di aliri air dari sungai bawah tanah di daerah Beriharjo. Gua Pindul menawarkan sejuta pesona keindahan alam untuk wisata minat khusus.
Gua ini mempunyai lorong yang dengan panjang kurang lebih 350 meter dan lebar 4 meter. Selain itu, gua ini juga mempunyai jarak permukaan dengan atap gua sekitar empat meter dan kedalaman yang mencapai 12 meter. Dengan aliran air sungai yang amat tenang, tempat ini cocok digunakan untuk tempat cavetubing bagi wisatawan tanpa batasan usia.
Saat Anda memasuki Desa Beriharjo, Anda akan dapat melihat berlimpahnya air yang ada di kawasan ini. parit yang mengelilingi sawah-sawah dengan air yang penuh seolah menunjukkan kepada Anda bahwa desa tersebut tidak pernah mengalami kekeringan. Kekayaan air yang dimiliki oleh desa tersebut juga akan Anda dapati ketika Anda sampai di Gua Pindul. Air jernih keluar dari mulut gua yang terletak dikaki bukit yang mengalir dan berwarna biru kehijauan kemudian masuk ke dalam mulut gua yang cukup lebar.
Meskipun harga tiketnya cukup terjangkau yaitu Rp 35.000,- , Gua Pindul menawarkan wisata cavetubing dengan sensasi berenang di lorong gua panjang yang menakjubkan. Memakan waktu dari 45 menit hingga satu jam, Anda akan dibawa masuk ke dalam gua yang didalamnya ada tiga zona yaitu zona terang, zona remang, dan zona gelap dimana setiap zona akan menawarkan sensasinya masing-masing.

Bagi Anda yang suka berenang dan memang berniat untuk menikmati pemandangan secara langsung, maka zona terang adalah pilihan terbaik.
Ketika memasuki mulut gua, Anda sesekali akan mendengar kepakan sayap kelelawar yang menghuni gua ini. Selain itu, Anda akan disuguhi adanya stalagmit dan stalagtit yang sudah menyatu dan berukuran cukup besar yang menghalangi aliran air. Di tempat ini, rafting cave tubing sangat mudah karena aliran sungai bawah tanah-nya yang begitu tenang sehingga Anda dijamin akan merasa sangat nyaman untuk menghabiskan waktu berlama-lama disana.
Menyusuri lorong, Anda akan menemukan sebuah ruangan besar yang serupa kolam dengan genangan air yang luas. Ti tempat tersebut terdapat lubang dimana sinar matahari dapat masuk ke dalam gua.

Sinar tersebut terlihat sangat indah yang sayangnya hanya dapat Anda nikmati pada pukul 10-12 siang pada saat cuaca cerah saja. Lubang ini sering digunakan pintu vertikal bagi para pecinta alam, SAR, dan sebagainya. Kegiatan rafting berakhir pada sebuah dam yang berada di kawasan Gua Pandul tersebut. Anda akan disuguhi pemandangan dan panorama Bendungan Banyumodo yang ternyata sudah dibangun sejak zaman Belanda.

Author: 

Disini di isi biografi.