Cave Tubing Goa Pindul : Sensasi Menyusuri Goa dengan Ban Pelampung

 Wisata Goa Pindul

Siapa sih yang gak kenal dengan Goa Pindul? Jika kamu para traveler sejati pasti tau gua unik satu ini  atau Gua Pindul adalah salah satu tempat wisata yang wajib kamu kunjungi jika kamu sedang berlibur di Kota Yogyakarta. Goa Pindul sendiri berada di Desa Behiharjo,Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul.
Wisata satu ini sangat diminati karena kita bisa merasakan sensasi menyusuri gua dengan ban dan pelampung. Karena, di dalam gua ini sendiri terdapat aliran sungai bawah tanah yang mengalir dari mulut gua sampai akhir gua itu sendiri.
Jadi kita harus menggunakan peralatan khusus seperti ban dalam besar atau tube dan pelampung untuk menjaga keamanan traveler dan mencegah terjadinya korban tenggelam. Aliran sungai di sepanjang Goa Pindul ini tenang sehingga siapa pun bisa menyusuri gua ini baik anak-anak hingga orang dewasa .


Di sepanjang gua kita bisa menikmati lorong gua yang gelap yang dihiasi stalagmit dan stalaktit yang menyatu di sekeliling gua. Ternyata, stalaktit yang ada di Goa Pindul merupakan stalaktit nomor 4 terbesar di dunia. Wah menarik bukan?. Yang menarik lagi, stalaktit putting di Goa Pindul ini masih aktif sehingga yang terkena tetesan airnya konon akan menjadi cantik dan awet muda. Goa Pindul memiliki 3 zona yaitu zona terang ,zona remang dan zona gelap. Jadi, kita bisa merasakan sensasi perubahan zona pada saat menyusuri gua satu ini. Di tengah gua terdapat ruangan yang agak besar dimana kita bisa melihat cahaya yang masuk melalui lubang-lubang gua yang membuat gua satu ini semakin indah. Ruangan besar satu ini sering orang sebut sumur terbalik.

Di zona terang, anak-anak ternyata diperbolehkan jika ingin berenang karena seperti yang sudah saya katakan sebelumnya aliran sungai di gua ini tenang. Sensasi yang bisa kita rasakan ternyata bukan itu saja, di dalam gua kita disuguhkan pemandangan yang indah karena di sepanjang dinding gua terlihat seperti lukisan abstrak yang yang tak ternilai harganya.
Banyak sekali keindahan yang bisa kita rasakan ditempat wisata Gua Pindul ini. Untuk harga, jangan takut. Ternyata jika kita ingin menyusuri Goa Pindul ini kita hanya cukup membayar biaya retribusi Rp 10.000 per orang untuk masuk kawanan Pindul, Rp 45.000 per orang untuk wisatawan local, Rp 75.000 per orang untuk wisatawan mancanegara. Dengan uang tersebut kita sudah bisa mendapatkan paket Cave Tubing Pindul seperti jasa pemandu,perlengkapan seperti ban pelampung, jaket pelampung ,sepatu karet dan head lamp yang akan digunakan pada saat menyusuri gua. Kita juga akan mendapat jaminan asuransi jika terjadi sesuatu yang tidak menyenangkan di dalam gua. Tunggu apa lagi, datang dan rasakan sendiri sensasinya.

Author: 

Disini di isi biografi.